Rahasia Kaki Berevolusi dari Sirip

| Sunday 3 March 2013

Ini Buktinya, Kaki Berevolusi dari Sirip

Teori evolusi memaparkan bahwa makhluk darat berasal dari makhluk laut yang berevolusi. Alat gerak hewan darat, tangan dan kaki, berasal dari evolusi bentuk sirip.


Fernando Casares dari Lembaga Penelitian Nasional Spanyol memberikan bukti genetik akan proses evolusi itu dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Cell.


Dalam risetnya, Casares menginjeksikan gen hoxd13 dari tikus pada ikan zebra. Diketahui, protein yang dihasilkan gen itu berfungsi dalam perkembangan autopoda, cikal bakal tangan dan kaki.


Ikan zebra telah memiliki hoxd13, tetapi memproduksi protein yang lebih kecil dari hewan tetrapoda seperti mamalia. Dengan ekstrasalinan gen, peneliti berharap lebih banyak protein dihasilkan.


Penelitian membuahkan hasil yang mengejutkan. Ikan zebra yang diinjeksi gen itu ternyata mulai menunjukkan perkembangan autopoda. Organ terus tumbuh sebelum empat hari kemudian ikan mati.


"Tentu saja, kita belum bisa menumbuhkan tangan," kata Casares seperti dikutip New Scientist, Sabtu (15/12/2012).


Casares berteori, ratusan juta tahun lalu, moyang tetrapoda mulai mengespresikan gen hoxd13 sehingga autopoda bisa tumbuh.

0 komentar:

Post a Comment

Next Prev
▲Top▲