Rahasia Posisi Mengetik Salah Sebabkan Sendi Tangan Terjepit

| Tuesday 12 February 2013

Posisi Mengetik Salah Sebabkan Sendi Tangan Terjepit

Courtesy ShutterStock.com
Vemale.com - Mengetik di komputer atau pun di telepon genggam dengan posisi yang salah, ternyata dapat membuat persendian tangan terjepit, kata dokter spesialis bedah ortopedi DR. Lukman Shebubakar, SpOT.
"Cedera ini dikenal dengan sebutan carpal tunnel syndrome (CTS), dan penyebabnya adalah sendi yang terjepit atau otot tangan yang tegang," ujar Lukman di Tangerang Selatan, Kamis.
Rasa sakit yang disebabkan oleh CTS biasanya terjadi secara bertahap, dimulai dari kesemutan atau mati rasa, nyeri, hingga mati rasa.
Rasa tidak nyaman akibat cedera ini dapat diatasi dengan mengistirahatkan pergelangan tangan lebih sering dan memberi kompres dingin.
"Namun jika rasa sakit tidak mereda hingga beberapa minggu dan mengalami pembengkakan, sebaiknya minum paracetamol," jelas Lukman.
Lukman juga mengemukakan, bahwa bila gejala ini tidak berkurang hingga 10 bulan, sebaiknya segera konsultasikan masalah ini kepada dokter.
"Jika gejala menjadi semakin parah, operasi adalah pilihan yang terbaik."
Lebih lanjut Lukman mengatakan bahwa untuk mencegah CTS, posisi tangan saat mengetik di komputer sebaiknya serupa dengan posisi tangan saat bermain piano.

0 komentar:

Post a Comment

Next Prev
▲Top▲