Rahasia ketawa

| Tuesday 19 February 2013


Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Tubuh

Tertawa merupakan sebuah pengalaman yang umum dan mudah dijumpai pada manusia. Namun tahukah anda jika ekspresi kegembiraan yang umum tersebut ternyata memiliki sejuta manfaat secara medis yang bersifat menyembuhkan. Bahkan juga bermanfaat bagi kecantikan untuk kaum wanita.


Menurut beberapa penelitian mengungkapkan bahwa Ketika seseorang tertawa lepas, Maka seluruh elemen dalam tubuh akan menjadi aktif mulai dari telinga, otak, hingga otot dan sendi. Dalam kondisi itulah, tubuh kemudian akan mengeluarkan hormon dopamin, yaitu sebuah hormon pemicu rasa bahagia, yang segera menjalar ke seluruh jaringan dalam tubuh manusia.


berikut sejumlah manfaat tertawa bagi tubuh yang dikutip dari kosmo.vivanews.com.


* Selama seseorang tertawa, 15 otot yang berada di wajah mereka akan berkontraksi sehingga akan meningkatkan aliran darah ke area tersebut. Hasilnya, wajah terlihat lebih kencang, merona, dan memancarkan cahaya.


- Tertawa dapat memperlancar aliran darah di sekitar mata dan juga mengaktifkan saluran air mata. Itulah sebabnya mengapa manusia bisa menangis saat tertawa terbahak-bahak. Hasil studi mengungkap, keluarnya air mata, baik dalam keadaan sedih maupun sukacita mengurangi tingkat stres.


* Air liur orang yang sering tertawa ternyata memiliki imunitas lebih tinggi dibandingkan orang yang jarang tertawa. Sebuah Studi yang dilakukan oleh Loma Linda Lee Berk menunjukkan, bahwa liur orang yang tertawa memiliki gen pembunuh T-sel yang lebih banyak dan berpotensi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.


* Tertawa terbahak-bahak dapat menguatkan diafragma atau otot yang berada di bagian bawah paru-paru. Otot tersebut akan memompa dan mengisi paru-paru dengan udara. selain itu Tertawa terbahak-bahak mempercepat aliran oksigen ke paru-paru.


* Tertawa dapat mempertahankan kadar gula dalam darah sehingga sangat dianjurkan bagi penderita diabetes. Dalam penelitian terbaru kardiolog Michael Miller dari University of Maryland, tertawa saat menonton tayangan film komedi dapat mempengaruhi kontraksi endotelium yang bermanfaat untuk mengurangi produksi hormon stres dalam tubuh.


* Efek analgesik dari tertawa adalah untuk meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit. Sebuah Riset yang dilakukan oleh Lily Tomlin menemukan, orang yang benar-benar tertawa lepas selama 20 menit akan dapat menolerir rasa sakit akibat manset ketat.


* Tertawa termasuk olahraga karena dengan tertawa akan membuat otot tegang dan melentur secara bergantian. Detak jantung akan menjadi lebih cepat dan tekanan darah meningkat saat tertawa dan kembali menurun setelahnya. Tertawa menggantikan olahraga jalan sejauh dua mil bagi para lansia dan orang sakit.


* Perut menjadi rata. William Fry juga mengungkapkan bahwa tertawa ternyata dapat membuat perut menjadi lebih langsing seperti saat mengayuh dayung selama 10 menit. Setelah diukur, tertawa mampu meningkatkan denyut jantung dan membuat otot perut berkontraksi, sama halnya ketika seorang atlet sedang mendayung.


* Tertawa membuat tubuh menjadi ramping. Pada saat kita tertawa, denyut jantung akan naik 10-20 persen dan membakar 1,3 kalori per menit. Tertawa selama 15 menit setiap hari selama satu tahun dapat mengurangi kalori dalam tubuh hingga 2 kg.

0 komentar:

Post a Comment

Next Prev
▲Top▲