Rahasia Bawang merah - onion atau Brambang (Allium ascalonicum L.)

| Saturday 9 February 2013

Manfaat bawang merah mungkin masih terasa asing di telingan Anda karena biasanya rempah-rempah ini digunakan sebagai bumbu pelengkap aneka masakan. Salah satu jenis tanaman umbi ini bisa tumbuh di berbagai tempat dan tersebar hampir diseluruh penjuru dunia. Namun tanaman ini diduga berasal dari daerah asia tenggara karena disanalah terdapat banyak sekali budidaya tanaman yang sering juga disebut dengan brambang. Kandungan gizi yang terdapat pada bawang merah cukup banyak diantaranya vitamin C, kalium, folat, kaluim, magnesium, vitamin K, fosfor, zink, dan natrium. Dilihat dari kandungan gizinya tentu saja kita bisa membayangkan berbagai manfaat yang kita peroleh jika mengkonsumsi tanaman yang dalam bahas laitn dikenal dengan istilah Allium cepa L.


1000 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan
Manfaat Bawang Merah
Mencegah TBC, Kanker, Diabetes, dan Stroke

Manfaat bawang merah dapat mencegah pernyakit TBC karena sifat kandungan zat yang terdapat pada tanaman ini dapat membunuh amuba disentri dan microba TBC yang merupakan kuman yang menyebabkan seseorang terkena TBC. Jika anda mengkonsumsi bawang merah dalam kondisi mentah dapat membantu mencegah pernyakit kanker. Bawang merah juga memiliki khasiat mampu membantu proses penipisan sel-sel darah. Jaringan yang terbentuk inilah yang dapat mencegah resiko penyakit jantung yang dapat memicu stroke. Para peneliti sudah membeberkan sebuah fakta yaitu bawang merah dapat menjadi obat diabetes mellitus. Kandungan tolbitamide pada bawang dapat menstabilkan atau menurunkan kadar gula dalam darah sehingga dapat membantu pelepasan insulin.
Khasiat Bawang Merah
Terlepas dari beberapa manfaat bawang merah dalam membantu mengobati pernyakit kronis, bawang juga dapat menyembuhkan berbagai masalah pernyakit ringan seperti membasmi kuman di mulut, mengobati jerawat, membantu mengurangi rasa sakit akibat gigitan serangga, mengobati telinga berdengung dan masih banyak lagi. Saat sedang sakit batuk berdahak, kompreskanlah bawang merah ke area dada dan tenggorokan, meskipun terasa sedikit panas, namun cara ini sangat efektif dalam membantu mencairkan dan mengeluarkan dahak. Itulah beberapa manfaat bawang merah yang mempu mengobati berbagai jenis pernyakit mulai dari yang ringan sampai penyakit kronis sekalipun.




Bawang Merah, apakah karena warnanya merah yang membedakannya dengan bawang putih?

Bawang merah - onion atau Brambang (Allium ascalonicum L.) adalah nama tanaman dari familia Alliaceae dan nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang merah merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Bawang merah adalah tanaman semusim dan memiliki umbi yang berlapis. Tanaman mempunyai akar serabut, dengan daun  berbentuk silinder berongga. Umbi terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar dan membentuk umbi berlapis. Umbi bawang merah terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Umbi bawang merah bukan merupakan umbi sejati seperti kentang atau talas.

Bawang goreng adalah bawang merah yang diiris tipis dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Pada umumnya, masakan Indonesia berupa soto dan sup  menggunakan bawang goreng sebagai penyedap sewaktu dihidangka.bawang goreng merupakan bumbu yang paling sering di gunakan orang indonesia untuk membuat masakan.

SISA BAWANG MERAH BERACUN

Bawang merah adalah sebuah magnet besar untuk bakteri, terutama bawang mentah. Anda seharusnya jangan pernah berencana untuk menyimpan sebagian dari irisan bawang merah. Hal ini tidak aman bahkan jika Anda memasukkannya ke dalam tas zip-lock dan memasukkannya ke dalam kulkas Anda. Bawang merah sudah cukup terkontaminasi hanya dengan dipotong dan dibiarkan terbuka untuk sebentar saja, sehingga hal itu dapat membahayakan Anda (dan perlu lebih waspada lagi terhadap bawang merah yang Anda masukkan ke dalam hotdog ) Jika Anda mengambil sisa bawang merah dan memasaknya, anda mungkin akan baik-baik saja, tetapi jika Anda memotong sisa bawang merah dan menaruh pada sandwich atau hotdog Anda, maka Anda sedang mencari masalah. Baik bawang merah dan kentang basah dalam salad kentang, akan menarik dan menumbuhkan bakteri bahkan lebih cepat daripada mayones komersial yang akan mulai rusak.
Harap diingat, adalah berbahaya untuk mengiris bawang merah dan mencoba menggunakannya untuk memasak pada hari berikutnya, bawang merah menjadi sangat beracun bahkan untuk satu malam dan menciptakan bakteri beracun yang bisa menyebabkan infeksi lambung yang buruk dikarenakan kelebihan sekresi empedu dan bahkan keracunan makanan.

Kandungan Gizi Bawang merah, Nilai gizi per 100 g (3.5 oz)
Energi 166 kJ (40 kcal)
Karbohidrat 9,34 g
Gula 4,24 g
Diet serat 1,7 g
Lemak 0,1 g
jenuh 0,042 g
monounsaturated 0,013 g
polyunsaturated 0.017 g
Protein 1,1 g
Air 89,11 g
Vitamin A equiv. 0 mg (0%)
Thiamine (Vit. B1) 0,046 mg (4%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,027 mg (2%)
Niacin (Vit. B3) 0.116 mg (1%)
Vitamin B6 0,12 mg (9%)
Folat (Vit. B9) 19 mg (5%)
Vitamin B12 0 mg (0%)
Vitamin C 7.4 mg (12%)
Vitamin E 0,02 mg (0%)
Vitamin K 0,4 mg (0%)
Kalsium 23 mg (2%)
Besi 0,21 mg (2%)
Magnesium 0,129 mg (0%)
Fosfor 29 mg (4%)
Kalium 146 mg (3%)
Sodium 4 mg (0%)
Seng 0,17 mg (2%)
Sumber: USDA Nutrient database


0 komentar:

Post a Comment

Next Prev
▲Top▲