Rahasia 9 Mesin Pencari Saingan Google

| Saturday 7 September 2013


Google memang bukan satu-satunya mesin pencari di dunia maya. Masih ada Yahoo dan Bing, dan banyak lainnya, di antaranya seperti yang mau lewat berikut. 
1. Duck Duck Go
Pilihan bagus bagi Anda yang sangat menjunjung tinggi privasi. Tim di balik DuckDuckGo sengaja tak ingin melacak penggunanya. Di sini Anda bisa mencari berbagai jawaban dari pertanyaan seputar kalkulasi, program, pengembangan browser, bahkan soal ketenangan pikiran juga ada.
2. Wolfram|Alpha
Berbeda dengan lainnya yang menyuguhkan jawaban dengan menjelajahi situs-situs, Wolfram|Alpha lebih melibatkan data, alogaritma, dan metode ilmiah lain untuk menjawab keingin-tahuan pengguna.
3. Ark
Melalui Ark, Anda bisa mencari lebih dari 1 miliar orang berdasarkan penyaringan seperti lokasi, kampus, pekerjaan, bahkan hobi/ kesukaan.
4. Blekko (gambar utama)
Slogan Blekko adalah "mesin pencari bebas spam", sementara misinya adalah mengombinasikan alogaritma tradisional dengan pengetahuan pengguna dan mitra pakar, dimana tujuan semua itu adalah menyuguhkan hasil dari situs paling berkualitas. Blekko juga dilengkapi dengan pendekatan "editorial", agar Anda merasa bahwa hasil pencarian benar-benar dipilih dengan teliti.
5. GoodSearch
GoodSearch menyumbangkan 50% pendapatan untuk amal dan sekolah-sekolah yang dipilih pengguna. Tambahan fiturnya antara lain GoodShop, katalog aneka merchant sebagai pendukung, GoodDining, program "makan untuk amal" tahunan, dan GoodSurvey yang mengizinkan pengguna mendapatkan uang melalui survei pasar. GoodSearch sendiri didukung Yahoo dan memiliki 510,000 pengunjung unik tiap bulannya.
6. YaCy
YaCy fokus pada desentralisasi pencarian web, artinya mesin pencari ini menyajikan informasi yang semuanya dianggap sama dan konten pun bebas sensor. Anda bisa mendownload YaCy secara gratis dari website.
7. Apache Solr
Sama seperti YaCy, Apache Solr juga open-source. Dikembangkan dari proyek Apache Lucene, fitur Solr melingkupi pencarian teks lengkap, aneka informasi berdasar kategori, DOC, PDF, dan indexing.
8. Dogpile
InfoSpace (sekarang Blucora) menciptakan Dogpile untuk menghemat waktu pengguna. Mesin pencari ini dilengkapi teknologi metasearch melalui Google, Yahoo, dan Yandex (ketiganya memiliki cara masing-masing dalam menemukan informasi). Dogpile menjelajahi ketiganya dan mengirimkan hasil paling relevan bagi Anda.
9. Ixquick
Satu lagi untuk Anda yang menghargai privasi, Ixquick tidak menyimpan atau membagi informasi apapun.




0 komentar:

Post a Comment

Next Prev
▲Top▲